Visi Misi Program Kerja

Visi:

"Terwujudnya Pelayanan Prima Terhadap Masyarakat Cigalontang dalam bidang Urusan Agama Islam dan membentuk Masyarakat Muslim yang taat beragama, maju, toleran, mandiri dan sejahtera”


Misi:
  1. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sarana-Prasarana Kantor.
  2. Optimalisasi Pelayanan Pencatatan Nikah dan Rujuk
  3. Optimalisasi Penertiban Administrasi Kantor
  4. Optimalisasi Pelayanan Bidang Urusan Agama Islam meliputi Perwakafan, Zakat, penasehatan Perkawinan, Keluarga Sakinah, Pangan halal, Pembinaan Manasik Haji, Konsultasi keagamaan, Pengukuran Arah Kiblat, Kemitraan Umat, LP2A dan Ibadah Sosial
  5. Meningkatkan Kwalitas SDM Pegawai
  6. Meningkatkan Hubungan Lintas sektoral dengan Pemerintah dan Lembaga-Lembaga Sosial Keagamaan.


Motto Pelayanan:

"Pelayanan Prima Sepenuh Hati"

   

Program Pokok KUA Cigalontang

KUA Kecamatan Cigalontang telah menyusun Program Kerja yang menjadi acuan dalam pelayanan dan peningkatan kinerja pegawai. Adapun Program Pokok KUA Cigalontang adalah sebagai berikut:
  1. Peningkatan profesionalisme SDM pegawai KUA dan P3N.
  2. Peningkatan tertib administrasi pelayanan dan pencatatan.
  3. Peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana kantor.
  4. Pelayanan Prima bidang kepenghuluan.
  5. Pelayanan Prima bidang BP4 dan Keluarga Sakinah.
  6. Pelayanan Prima bidang Zakat, Wakaf, Infaq, Shadaqah dan Ibadah Sosial.
  7. Pelayanan Prima bidang Pembinaan Manasik Haji.
  8. Pelayanan Prima bidang Kemasjidan dan Hisab Ru’yat.
  9. Peningkatan sosialisasi dan pelayanan produk halal.
  10. Peningkatan hubungan kerja bidang lintas sektoral.
Program Unggulan

  1. Sebagai upaya melestarikan lingkungan, KUA Cigalontang bekerjasama dengan pemerintah kecamatan melalui Gerakan Membangun Desa melakukan gerakan penghijauan dengan cara setiap pasangan calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahan di wilayah kecamatan Cigalontang diwajibkan untuk mempersiapkan benih tanaman keras seperti pohon kelapa/kitri atau albasiah dan yang sejenisnya yang kemudian ditanam sesaat sebelum acara akad dimulai. Hal tersebut selain dimaksudkan untuk menanamkan kesadaran akan arti penting menjaga keselamatan lingkungan, juga ditujukan untuk menghasilkan manfaat pada kehidupan masa depan manusia.
  2. Di era digital yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat seperti sekarang ini, dimana kemajuan tersebut tidak bisa dihindari dan telah menjadi keharusan hidup, maka akurasi data, kemudahan dan kecepatan akses sangat diperlukan oleh masyarakat. Untuk itu, data-data pernikahan yang berada di wilayah kecamatan Cigalontang diupayakan untuk dikemas dalam database dan sistem komputerisasi yang terpadu dengan program SIMKAH.
  3. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, KUA Cigalontang menyelenggarakan Kajian Kitab Kuning, yaitu Kitab Fathul Mu‘in bagian Bab Munakahat, yang dilaksanakan satu bulan satu kali. Kajian ini diikuti oleh seluruh pegawai KUA dan para P3N di lingkungan KUA Cigalontang. Kegiatan tersebut bertujuan agar pengetahuan dan wawasan keagamaan mereka terutama yang berkaitan dengan hukum munakahat semakin meningkat. Sedangkan untuk para pimpinan atau tokoh-tokoh masyarakat, atau masyarakat umum lainnya, KUA Cigalontang bekerjasama dengan MUI dan DMI Kecamatan sudah menyediakan forum kajian lain yaitu berupa pengajian rutin bulanan alim ulama tingkat kecamatan. Materi yang diberikan berbeda-beda dimulai dari bidang tafsir, hadits, fiqh, aqidah, maupun akhlak dan dibuatkan jadwalnya sedemikian rupa. Pengajian ini dipusatkan di Masjid Besar Kecamatan Cigalontang “al-Ikhlas“


Tidak ada komentar :

Arsip