Sejarah

Sekelumit Sejarah KUA Kecamatan Cigalontang

KUA kecamatan Cigalontang merupakan salah satu diantara 39 KUA Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Secara pasti belum diketahui sejak kapan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cigalontang berdiri di wilayah ini. Namun berdasarkan dokumen yang ada pada kantor ini, pencatatan pernikahan di wilayah kecamatan Cigalontang telah berlangsung sejak tanggal 19 Januari 1957. Hal itu dibuktikan oleh data yang masih tersimpan dan terawat dengan baik di KUA Cigalontang dalam Buku Pendaftaran Nikah Tahun 1957. Pada masa ini KUA Cigalontang dipimpin oleh seorang kepala bernama M. NU’MAN.

Sedangkan gedung KUA Cigalontang yang sekarang sudah berdiri dan digunakan dalam pelaksanaan administrasi perkantoran dan pelayanan kepada masyarakat, berdasarkan informasi  dari masyarakat sendiri, sudah ada sejak tahun 1983 dan dibangun oleh pemerintah. Sebelum ini  KUA Cigalontang tidak pernah memiliki gedung permanen dan selalu berpindah pindah lokasi dari satu tempat ke tempat yang lain. KUA  Cigalontang yang sekarang menempati tanah dan memiliki gedung sendiri dengan luas bangunan kurang lebih 125,46 M2 berada di pusat ibu kota kecamatan satu lingkungan dengan kantor kecamatan dan kantor-kantor pemerintahan lainnya serta bersebelahan dengan masjid besar kecamatan Cigalontang “Al-Ikhlas”, tepatnya di Jalan Raya Cigalontang Desa Jayapura Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya 46463.

Sejak awal kehadirannya di Kecamatan Cigalontang ini, KUA Cigalontang telah mengalami beberapa kali perpindahan, demikian juga perbaikan-perbaikan gedung.  Yang terakhir, renovasi gedung terjadi pada awal tahun 2008 dan menghabiskan dana Rp20.000.000 yang berasal dari bantuan Proyek Pengembangan Kehidupan Beragama (PPKB) Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Barat. Setelah dua tahun dari kejadian gempa bumi yang melanda kabupaten Tasikmalaya dan menimbulkan kerusakan-kerusakan rumah penduduk dan gedung-gedung pemerintahan dimana Cigalontang termasuk daerah yang paling parah terkena dampaknya, KUA Cigalontang pada bulan April tahun 2011 mendapat lagi bantuan dana dari pemerintah untuk rehabilitasi gedung. Besar dananya Rp86.500.000 yang bersumber dari APBN 2011.Gedung KUA  Kecamatan Cigalontang terdiri dari :  Ruang Kepala,Ruang Penghulu  dan Staf,Ruang Tamu, Ruang Nikah,  Ruang Arsif,  Ruang Pendais, WC,  dan Gudang.

Seiring dengan perjalanan waktu, KUA Cigalontang pun dari masa ke masa telah mengalami beberapa kali pergantian kepala. Tercatat sejak tahun 1957 hingga kini telah ada 21 kepala yang memimpin KUA Cigalontang.





Tidak ada komentar :

Arsip